Jakarta

Hubungan panas antara India dan China kembali mereda usai kesepakatan untuk ‘berhenti mengirimkan lebih banyak tentara’ ke perbatasan Himalaya. Kesepakatan ini muncul sesudah digelar pembicaraan tingkat tinggi masa India dan China yang saling bertetangga ini.

Seperti dilansir AFP , Rabu (23/9/2020), hubungan sengit antara kedua negara semakin memburuk sesudah bentrokan berdarah terjadi di kawasan pegunungan Ladakh di perbatasan Himalaya yang menjadi sengketa. Sedikitnya 20 tentara India tewas dalam bentrokan pada Juni lalu.

Komandan militer dri kedua negara menggelar pembicaraan beberapa kali yang bertujuan untuk meredakan ketegangan usai bentrokan Juni lalu. Pembicaraan keenam digelar pada Senin (21/9) waktu setempat dan sedikit kemajuan tampaknya telah dicapai sejauh ini.

Diungkapkan militer India dalam pernyataannya bahwa kedua negara sepakat berhenti mengerahkan tentara tambahan.

“Menghentikan pengiriman lebih banyak tentara ke garis depan, menahan diri untuk sebagaiselaku, ala, menurut, sepihak mengubah situasi di lapangan, dan menghindari tindakan yang dapat memperumit situasi, ” demikian pernyataan militer India.

Disebutkan juga bahwa India dan Cina juga sepakat untuk ‘menghindari kesalahpahaman dan salah penilaian’ dan menggelar pembicaraan selanjutnya ‘sesegera mungkin’.