Quito

Pasangan kakek dan nenek di Ekuador yang telah menikah selama 79 tahun mencetak rekor sebagai pasangan suami-istri tertua di dunia. Usia gabungan keduanya mencapai 214 tahun.

Seperti dilansir CNN, Senin (31/8/2020), Julio Cesar Mora kini berusia 110 tahun dan istrinya, Waldramina Maclovia Quinteros, akan berusia 105 tahun pada Oktober mendatang. Keduanya merupakan pasangan menikah dengan usia tertua di dunia, dengan usia gabungan keduanya mencapai 214 tahun dan 358 hari.

Guinness World Records mengesahkan rekor tersebut dan menyatakan pasangan itu sebagai pasangan menikah yang masih hidup di dunia.

Mora diketahui lahir pada 10 Maret 1910 dan Quinteros lahir pada 16 Oktober 1915.

Menurut pernyataan Guinness World Records, keduanya bertemu saat liburan sekolah dan menjalin persahabatan. Sekitar 7 tahun bersahabat, keduanya menikah pada 7 Februari 1941. Pernikahan itu digelar secara rahasia dengan dihadiri orang tua baptis dan teman dekat keduanya karena keluarga mereka tidak merestui.

Mora dan Quinteros menyebut keluarga mereka pada awalnya tidak akur, namun mereka bisa menyatukan keluarga mereka bertahun-tahun kemudian.

“Persatuan keluarga di bawah aturan cinta, saling menghormati, upaya jujur dan pendidikan yang tepat berdasarkan nilai-nilai keluarga menjadi kunci dalam hidup berdampingan secara sehat,” demikian pernyataan Mora dan Quinteros.

Mora dan Quinteros bekerja sebagai guru hingga mereka pensiun. Pasangan ini memiliki lima anak, yang semuanya lulus perguruan tinggi. Keluarga besar mereka terdiri atas 11 cucu, 21 cicit dan 9 canggah. Anak tertua Mora dan Quinteros telah meninggal dunia dalam usia 58 tahun.

Salah satu anak perempuan mereka, Aura Cecilia, menyatakan bahwa ayah dan ibunya suka menonton film dan menonton teater bersama, juga berkebun dan makan besar keluarga besar. Namun semenjak pandemi virus Corona (COVID-19) merajalela, keduanya tidak bisa menggelar pertemuan dengan keluarga besar.

(nvc/ita)