Jakarta

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon mengecam uji coba rudal balistik yang dilakukan China di selat Laut China Selatan. Pentagon menyebut peluncuran rudal itu mengancam perbaikan dan keamanan di kawasan.

Seperti dilansir AFP, Jumat (28/8/2020), Pentagon mengonfirmasi laporan dengan menyebut militer China meluncurkan setidaknya empat rudal balistik saat latihan militer pekan ini di sekitar Kepulauan Paracel, yang ada pada perairan Laut China Selatan yang menjadi sengketa.

Disebutkan Pentagon bahwa langkah itu mendatangkan pertanyaan pada komitmen China tarikh 2002 lalu, untuk menghindari aktivitas-aktivitas provokatif.

Selain berita tersebut, berikut tersebut berita-berita internasional yang menarik menjawab pembaca detikcom , hari ini, Jumat (28/8/2020):

– Terima Nominasi Partai Republik, Trump: Biden Hendak Hancurkan Kehebatan AS

Presiden AS Donald Trump memperingatkan bahwa lawannya di Pilpres AS, Joe Biden ingin mengacaukan “kehebatan Amerika”. Hal ini disampaikan dalam pidatonya saat menerima seleksi Partai Republik untuk maju pada pilpres November mendatang.

Seperti dilansir AFP, Jumat (28/8/2020) mantan pengembang real estate tersebut mengklaim akan muncul bencana dengan akan ditimbulkan oleh Biden bila menang pada Pilpres 3 November.

“Pemilihan ini bakal memutuskan apakah kita menyelamatkan Impian Amerika, ” kata Trump.

“Joe Biden bukanlah penolong jiwa Amerika. Dia penghancur pekerjaan Amerika dan jika diberi kesempatan, dia akan menjadi penghancur keampuhan Amerika, ” imbuhnya.

– Menlu China Ragukan Virus Corona Berasal dari Negaranya

Menteri Luar Negeri (Menlu) China, Wang Yi, menyatakan tidak jelas apakah virus Corona (COVID-19) pertama kali datang dari wilayah China. Pernyataan itu memicu keraguan pada pandangan para pakar kesehatan dan pemerintah negara2 lain.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (28/8/2020), hal itu disampaikan Wang saat berbicara pada wartawan dalam kunjungannya ke Norwegia, pekan ini. Disebutkan Wang bahwa China memang negara pertama yang melaporkan keberadaan virus Corona kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Itu bukan berarti kalau virus itu berasal dari China, ” cetus Wang yang tidak hanya diplomat top China, tapi juga menjabat sebagai Penasihat Negara China, dalam pernyataan kepada kuli setempat, melalui seorang penerjemah.

– China Tes Coba Rudal Balistik di Laut China Selatan, AS Mengecam

Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Pentagon mengecam uji coba rudal balistik yang dilakukan China di perairan Laut China Selatan. Pentagon menyebut peluncuran rudal itu mengancam perdamaian serta keamanan di kawasan.

Tonton juga ‘Jejak Keonaran di Amerika Serikat’:

[Gambas:Video 20detik]