Jakarta

Presiden Recep Tayyip Erdogan memperingatkan bahwa Turki tidak akan membuat “konsesi” di Mediterania timur, dan mengatakan kepada Yunani untuk menghindari mengambil langkah-langkah dengan dapat menyebabkan “kehancuran”.

Pernyataan ini disampaikan hanya kaum jam setelah Yunani mengatakan akan melakukan latihan militer pada Rabu (26/8) waktu setempat dengan Prancis, Italia dan Siprus di daerah tersebut, di mana ketegangan jarang kedua tetangga itu telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

“Di Mediterania, Laut Aegea dan Laut Hitam, Turki hendak mendapatkan apa yang menjadi hak kami, ” kata Erdogan pada provinsi Mus, Turki timur di dalam peringatan Pertempuran Malazgirt 1071, di mana suku-suku pra-Ottoman mengalahkan Bizantium, seperti dilansir kantor berita AFP , Rabu (26/8/2020).

“Kami tidak mengawasi wilayah, kedaulatan, & kepentingan orang lain, tetapi awak tidak akan membuat konsesi akan apa yang menjadi milik kami, ” katanya dalam pidato dengan disiarkan televisi.

“Kami mengundang rekan-rekan kami untuk mengubah cara mereka dan menghindari kesalahan yang akan menjadi jalan menuju kehancuran, ” imbuh Erdogan di pidatonya yang tajam kepada gabungan NATO, Yunani.

Simak video ‘Dikecam Turki, Yunani Ngotot Gelar Latihan Tempur’:

[Gambas:Video 20detik]