Jakarta

Presiden Amerika Serikat Donald Trump menanggapi secara marah pada pendahulunya, mantan pemimpin Barack Obama yang menyebut dirinya sebagai presiden yang tidak khusyuk yang telah menempatkan demokrasi AS dalam bahaya.

Menanggapi komentar Obama itu, Trump mengucapkan kepada wartawan bahwa Obama adalah pemimpin yang “tidak efektif” serta “buruk”.

“Saya melihat kengerian yang dia tinggalkan pada kita, kebodohan transaksi yang dia lakukan, ” cetus Trump.

“Lihatlah betapa buruknya dia, betapa tidak efektifnya dia sebagai presiden, dia sangat tidak efektif, sangat buruk, ” imbuh Trump.

“Presiden Obama tidak melakukan pekerjaan dengan baik. Alasan saya di sini adalah karena Presiden Obama dan Joe Biden, ” imbuhnya seolah-olah dilansir kantor berita AFP , Kamis (20/8/2020).

Dalam pidatonya di konvensi Partai Demokrat, Obama mengatakan kalau Trump memperlakukan jabatan kepresidenan GANDAR seperti “reality show”. Mantan pemimpin AS itu mengatakan bahwa penggantinya dari Partai Republik itu “belum melakukan pekerjaannya dengan baik karena memang tidak becus”.

Sebelumnya pada Senin (17/8) suangi di konvensi Demokrat, istri Obama, Michelle Obama menyampaikan serangan yang berapi-api terhadap penerus suaminya, menyebut Trump tidak kompeten dan “jelas kewalahan”.

Serangannya benar mengejutkan banyak orang Amerika sebab ibu negara AS, baik bekas maupun yang sedang menjabat, cenderung menjauh dari pentas politik.

(ita/ita)