Beijing

Otoritas penerbangan sipil China mengumumkan kalau penerbangan tiga maskapai ditangguhkan setelah sejumlah penumpang dinyatakan positif virus Corona (COVID-19) beberapa waktu terakhir. Penangguhan diberlakukan selama satu had empat pekan.

Laksana dilansir Xinhua News Agency , Kamis (13/8/2020), pengikut yang positif Corona itu terlihat dalam penerbangan Etihad Airways arah Abu Dhabi-Shanghai, penerbangan China Eastern Airlines rute Manila-Shanghai dan penerbangan SriLankan Airlines rute Colombo-Shanghai.

Diungkapkan oleh Otoritas Penerbangan Sipil China (CAAC) dalam pernyataannya bahwa enam penumpang positif Corona dalam penerbangan Etihad Aiways EY862 pada 3 Agustus lalu, lalu enam penumpang positif Corona pada penerbangan China Eastern Airlines MU212 pada 5 Agustus, dan 23 penumpang positif Corona dalam penerbangan SriLankan Airlines UL866 pada 7 Agustus lalu.

Keputusan untuk menangguhkan penerbangan ketiga maskapai itu diambil dalam Selasa (11/8) waktu setempat.

CAAC mengumumkan bahwa penerbangan maskapai Etihad Airways dan China Eastern Airlines akan ditangguhkan selama satu pekan mulai 17 Agustus mendatang. Sementara penerbangan maskapai SriLankan Airlines akan ditangguhkan selama empat pekan.

Demi menegah penyebaran virus Corona secara luas, mekanisme penghargaan dan penangguhan diberlakukan oleh CAAC mulai 4 Juni lalu.

Menurut kebijakan CAAC, jika seluruh penumpang dalam satu penerbangan dinyatakan negatif Corona selama tiga pekan berturut-turut, oleh sebab itu maskapai tersebut akan diizinkan untuk meningkatkan jumlah penerbangannya menjadi perut kali dalam sepekan.

Jika jumlah penumpang yang nyata Corona mencapai 5 orang dalam satu penerbangan, maka maskapai dengan bersangkutan akan ditangguhkan operasionalnya selama sepekan. Penangguhan operasional akan berlangsung selama empat pekan jika jumlah penumpang yang positif Corona mencapai 10 orang.

(nvc/ita)