Washington DC

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menyatakan dirinya tidak akan menggelar konvensi calon presiden (capres) Partai Republik di Florida yang dijadwalkan pada Agustus mendatang. Konvensi capres itu dibatalkan karena ada lonjakan kasus virus Corona (COVID-19) di Florida beberapa waktu terakhir.

Seperti dilansir Reuters, Jumat (24/7/2020), Trump sebelumnya telah memindahkan lokasi konvensi dari North Carolina ke Florida karena adanya larangan pertemuan akibat virus Corona. Namun lonjakan kasus Corona di Florida membuat beberapa delegate Republikan membatalkan kehadiran di konvensi tersebut.

Trump menegaskan bahwa bukan waktu yang tepat untuk menggelar ‘konvensi yang ramai’. “Waktu untuk acara ini tidak tepat,” ucap Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih.

“Tidak dibenarkan dengan apa yang terjadi baru-baru ini, lonjakan di Florida. Untuk menggelar konvensi besar itu bukan waktu yang tepat,” tegasnya.

Ditambahkan Trump bahwa Trump memerintahkan para ajudannya untuk membatalkan konvensi itu ‘untuk melindungi rakyat Amerika’.

Meski acaranya dibatalkan, para delegate Partai Republik masih bisa bertemu di Charlotte, North Carolina, lokasi awal untuk konvensi capres ini. Pertemuan delegate akan digelar mulai 24 Agustus mendatang.

Trump menyatakan bahwa dirinya masih akan memberikan pidato untuk konvensi itu, namun dalam ‘bentuk berbeda’. Trump juga menyebut adanya rencana menggelar ‘telerallies‘ saat pekan pertemuan delegate tersebut.

Dalam pemilihan presiden (pilpres) AS yang akan digelar 3 November mendatang, Trump akan berhadapan dengan kandidat capres Partai Demokrat, Joe Biden.

Keputusan Trump membatalkan konvensi capres di Florida ini diumumkan saat AS menghadapi lonjakan kasus Corona. Negara bagian Florida masuk dalam daftar negara bagian AS yang melaporkan kenaikan kasus Corona tertinggi. Nyaris 390 ribu kasus Corona, dengan lebih dari 5.600 kematian, kini tercatat di Florida.

Dengan adanya lonjakan kasus Corona dalam beberapa pekan terakhir, sejumlah anggota parlemen Republikan dan para delegate Republikan menyatakan mereka akan menghindari bepergian ke Florida.

(nvc/ita)