Washington DC

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memperingatkan bahwa pandemi virus Corona (COVID-19) di AS prospek akan ‘memburuk sebelum menjadi bertambah baik’. Trump menyatakan keyakinannya kalau virus Corona akan menghilang nantinya.

Seperti dilansir CNN & Xinhua News Agency , Rabu (22/7/2020), peringatan ini disampaikan Trump dalam konferensi pers pertama di Gedung Putih sejak tiga bulan terakhir. Hal itu diduga dimaksudkan untuk menunjukkan kedudukan lebih besar dari Trump di krisis pandemi Corona.

Sebelumnya, menurut CNN , Trump lebih banyak mangkir dalam pembahasan krisis kesehatan dengan dipicu Corona. Hal ini berpengaruh pada merosotnya posisi Trump pada polling.

Dalam konferensi pers berdurasi 30 menit ini, Trump sekali teristimewa menyatakan keyakinannya bahwa virus Corona akan menghilang dan bersikeras menyatakan respons AS terhadap pandemi Corona ‘lebih baik’ dari negara asing. Namun, Trump juga menawarkan proyeksi realistis yang diharapkan oleh para penasihatnya akan membuatnya tampak sesuai pemimpin berpikiran waras.

“Sangat disayangkan, itu mungkin akan menjadi lebih buruk sebelum menjelma lebih baik, sesuatu yang tak suka saya ucapkan tapi itulah yang terjadi, ” ucap Trump dalam pernyataannya.

“Beberapa area di negara kita melakukannya sangat baik, yang lain kurang begitu baik, ” ujarnya. “Sayangnya, Florida sekarang ada dalam kondisi sedikit sulit — atau letak sangat sulit, ” imbuh Trump.

Data penghitungan terbaru dari Johns Hopkins University (JHU) menunjukkan lebih dari 3, 8 juta kasus Corona tercatat dalam AS, dengan lebih dari 142 ribu kematian. Beberapa negara arah AS, termasuk Florida, mengalami kemajuan kasus Corona dalam jumlah mulia.