Jakarta

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk pertama kalinya mengenakan masker di depan publik. Keputusan Trump mengenakan masker dikritik saingannya di Pilpres 2019.

Dilansir CNN , Minggu (12/7/2020), Trump menyambangi veteran militer yang terluka di Pusat Kesehatan Militer Nasional Walter Reed pada Sabtu. Dia mengenakan masker setelah berbulan-bulan menolak melakukannya di depan umum.

“Saya pikir ketika Anda berada di rumah sakit terutama dalam keadaan tertentu, di mana Anda berbicara dengan banyak tentara, orang-orang yang dalam beberapa kasus baru saja turun dari meja operasi. Saya pikir itu bagus untuk memakai masker. Saya tidak pernah menentang masker tapi saya yakin mereka punya waktu dan tempat (untuk dikenakan), ” kata Trump sebelum kunjungannya.

Trump terlihat mengenakan masker saat berjalan dengan stafnya yang juga mengenakan masker di pusat medis di Bethesda, Maryland. Dia tidak membuat pernyataan apa pun saat mengenakannya. Ini adalah pertama kalinya Trump terlihat mengenakan masker sejak pandemi mulai mewabah.

Pihak Joe Biden, calon Presiden AS, dalam hal ini Andrew Bates, menanggapi keputusan Trump untuk mengenakan masker. Dia mengatakan Presiden ‘menyia-nyiakan’ empat bulan yang membuat orang enggan memakai masker sementara Biden ‘telah memimpin dengan memberi contoh sejak awal. ‘

“Donald Trump menghabiskan berbulan-bulan mengabaikan nasihat para ahli medis dan mempolitisasi masker, salah satu hal paling penting yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyebaran virus, ” kata Bates pada Sabtu malam dalam sebuah pernyataan.

Tonton video ‘Trump Sebut 99% Kasus Corona Tak Bahaya, Gedung Putih Membela’: