Sao Paulo semrawut

Presiden Brasil Jair Bolsonaro, yang terinfeksi virus Corona (COVID-19), mengatakan kondisinya “sangat baik” sudah meminum obat malaria yang kontroversial. Dia bahkan menyarankan pasien Corona untuk memakai obat itu.

Seperti dilansir AFP , Jumat (10/7/2020) Bolsonaro menyampaikan pengakuannya itu lewat akun Facebooknya pada hari Kamis (9/7). Dia tampak dalam kondisi cantik dan tidak ditemani–seperti yang kala tampak–oleh menteri atau pejabat senior, dan penerjemah bahasa isyarat yang biasanya ada.

Sejak awal pandemi, presiden sayap kanan itu telah meremehkan keseriusan virus Corona dan mengkritik seruan tinggal di rumah yang diperintahkan para gubernur negara-negara bagian Brasil.

Bolsonaro mengucapkan bahwa setelah merasa tidak segar pada akhir pekan lalu, tempat mulai minum satu tablet hydroxychloroquine setiap hari.

Obat tersebut, awalnya dinyatakan untuk memulihkan malaria, namun telah didorong jadi obat untuk COVID-19 di banyak negara – tetapi efektivitasnya belum terbukti secara resmi dan urusan ini memecah belah komunitas ilmiah global.

“Saya mengutarakan ini dengan sangat jelas, ” kata Bolsonaro dalam video pada akun Facebooknya itu.

“Saya meminum (hydroxychloroquine) dan tersebut berhasil, dan saya baik-baik selalu, apresiasi Tuhan. Dan biarkan itu yang mengkritiknya setidaknya menawarkan alternatif, ” lanjutnya.