Washington

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengumumkan pengerahan ribuan prajurit dan polisi bersenjata berat untuk mencegah terjadinya kembali aksi-aksi demo rusuh di ibu kota GANDAR, Washington DC.

“Apa yang terjadi di kota ini tadi malam benar-benar memalukan, ” ujar Trump dalam pidato nasional pada Senin (1/6) waktu setempat, di saat gas air mata dilepaskan ke warga yang berdemo di jalan-jalan depan Gedung Putih. Sebelumnya, kerusuhan sudah menyebabkan gedung-gedung dan monumen pada dekat Gedung Putih mengalami kebobrokan.

“Saya mengerahkan ribuan tentara yang bersenjata lengkap, personel militer, dan aparat penegak hukum untuk menghentikan kekacauan, penjarahan, vandalisme, penyerangan, dan pengrusakan properti secara tidak terduga, ” imbuh Trump seperti dilansir biro berita AFP , Selasa (2/6/2020).

Trump mengecam apa yang disebutnya sebagai “aksi teror domestik” yang terjadi sudah aksi protes nasional terhadap janji seorang pria Afrika-Amerika, George Floyd di tangan polisi AS yang menangkapnya. Aksi demo di penuh kota di AS tersebut sudah berubah menjadi kerusuhan massal.

Memandang juga ‘[Gambas:Video 20detik]