Washington

Perseteruan Kepala Amerika Serikat Donald Trump secara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memuncak. Kini, Trump mencanangkan bahwa dirinya memutus hubungan AS dengan badan kesehatan PBB tersebut, yang disebutnya gagal berbuat banyak untuk memerangi penyebaran awal virus Corona.

“Karena mereka gagal melakukan reformasi dengan diminta dan sangat dibutuhkan, kita hari ini akan mengakhiri ikatan kita dengan Organisasi Kesehatan Negeri, ” kata Trump kepada wartawan di Gedung Putih pada Jumat (29/5) waktu setempat seperti dilansir kantor berita AFP , Sabtu (30/5/2020).

Trump mengatakan bahwa AS akan mengalihkan dana dengan sebelumnya dialokasikan ke WHO ke lembaga-lembaga lainnya di seluruh dunia dengan lebih pantas dan lebih membutuhkan bantuan kesehatan masyarakat .

Trump awalnya membekukan pendanaan untuk WHO sebulan lalu, sesudah menuduh badan kesehatan dunia tersebut melakukan salah urus atas pandemi Corona.

Kemudian 10 hari lalu, dia menuduh WHO menjadi boneka China, dan menyatakan pembekuan dana ke WHO akan bersifat permanen kalau badan tersebut tidak melakukan pemeriksaan besar.