Sao Paolo

Presiden Brasil Jair Bolsonaro dikenal kerap menuai kontroversi dalam merespons wabah Corona di negaranya. Lagi-lagi, presiden sayap kanan itu kembali berulah.

Seperti dilansir dari AFP, Selasa (17/3/2020), Brasil mengumumkan korban meninggal pertama. Korban tersebut merupakan seorang pria berusia 62 tahun yang juga menderita diabetes dan memiliki tekanan darah tinggi. Pria itu meninggal pada Senin (16/3) di Sao Paulo.

Kasus kematian pertama ini dianggap akan ‘menusuk’ Presiden Brazil Jair Bolsonaro yang mengkritik cara pemerintah daerah bereaksi terhadap virus ini. Bolsonaro menganggap Corona hanya flu ringan.

Kritik itu disampaikan Bolsonaro usai Kota Sao Paulo dan Rio de Janeiro mendeklarasikan keadaan darurat akibar virus Corona.

“Orang-orang bertindak seperti itu adalah akhir dunia. Beberapa gubernur mengambil langkah-langkah yang benar-benar akan melukai ekonomi kita. Yang perlu kita lakukan adalah mengurangi histeria,” ujar Bolsonaro.

Tak hanya sampai di situ saja, Jair Bolsonaro juga kerap bertikai dengan Menteri Kesehatan Brasil Luiz Henrique Mandetta soal penanganan Corona. Dia pun akhirnya memecat Luiz pada hari Kamis (16/5).