Jakarta

Kasus Corona di China balik muncul setelah sebulan lebih tidak ada kasus baru. Otoritas Tanah air Wuhan langsung melakukan tes COVID-19 ke warganya guna mencegah gelombang kasus kedua.

Semenjak 3 April 2020, tidak tersedia laporan penambahan kasus Corona dalam Kota Wuhan. Namun belakangan kasus baru muncul yang dilaporkan di dalam (10/5) kemarin. Tercatat, ada 14 kasus positif baru di China, di mana satu di antaranya berasal dari Wuham. Hubei.

Tes Corona secara habis-habisan untuk seluruh warga kota Wuhan akan digelar dalam 10 hari ke depan. Seperti dilaporkan jalan pemerintah setempat, The Paper dan dilansir CNN, Selasa (12/5/2020), dominasi kota Wuhan mengumumkan rencana ulangan Corona besar-besaran melalui sebuah ‘pemberitahuan darurat’ pada awal pekan tersebut.

“Setelah dilakukan penelitian, diputuskan untuk melakukan ‘pertempuran 10 hari’ bagi tes asam nukleat (nucleic acid) untuk semua (kasus) virus Corona baru di Wuhan, ” demikian seperti dilaporkan The Paper.

Setiap distrik akan melakukan pengaturan untuk metode tes bagi seluruh warga. Langkah ini diputuskan lantaran ada enam kasus baru di Wuhan di sepekan terakhir. Menurut The Paper, pemberitahuan darurat itu untuk menguatkan pencegahan sekaligus pengendalian epidemi.