Pyongyang

Rumor soal menurunnya kondisi kesehatan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong-Un beredar. Orang nomor satu dalam negara komunis itu dikabarkan melakukan operasi terkait kardiovaskular.

Dilansir CNN dan Reuters , Selasa (21/4/2020), informasi itu muncul di tengah spekulasi dengan beredar soal penyebab Jong-Un absen dari acara peringatan hari kemunculan kakeknya, Kim Il Sung, yang merupakan pendiri Korea Utara. Hari kelahiran Kim Il Sung diperingati tiap15 April.

Untuk diketahui peringatan hari kelahiran Kim Il Sung merupakan hari libur paling penting di Korut. Maka wajar jika publik bertanya-tanya mengapa Jong-Un tak nampak di rencana peringatan hari lahir kakeknya, padahal 4 hari sebelumnya yaitu 11 April 2020, Jong-Un menghadiri kerap politburo Partai Buruh Korea.

Media nasional Korut juga menyebut Jong-Un sempat mengunjungi sebuah pangkalan udara & memantau latihan jet tempur di 12 April 2020.

Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) yang memahami isu ini menyatakan otoritas AS sedang memantau keterangan intelijen yang menyebut kondisi Jong-Un dalam bahaya besar usai sebuah operasi.

Pejabat dengan meminta identitasnya disembunyikan ini tak menyebut lebih rinci soal operasi tersebut. CNN pun meminta tanggapan kepada Badan Intelijen Pusat (CIA), Dewan Keamanan Nasional dan Bagian Luar Negeri AS, namun belum ada jawaban.

Secara terpisah tersiar laporan situs Daily NK , dengan sebagian besar dikelola oleh para pembelot Korut, menyebut bahwa Jong-Un kini tengah menjalani perawatan sesudah melakukan prosedur kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Sejumlah sumber pada Korut yang dikutip Daily NK menyebut Jong-Un kini sedang di masa pemulihan di sebuah vila di resort Gunung Kumgang sesudah menjalani prosedur pada 12 April di sebuah rumah sakit dalam distrik Hyangsan.

Tetapi informasi itu dibantah dua penguasa pemerintah Korea Selatan (Korsel). Kedua pejabat tersebut menyebut Jong-Un tak dalam kondisi kritis. Dua rujukan, yang tak ingin namanya dikenal, menyatakan informasi tentang kesehatan Jong-Un menurun tidaklah benar.