Praja Dublin, Irlandia kacau

Irlandia secara bertahap hendak melonggarkan kebijakan lockdown (penguncian wilayah) untuk pencegahan virus Corona (COVID-19). Pertambahan angka kasus harian Corona di Irlandia mulai turun.

Seperti dilansir Reuters , Jumat (10/4/2020), Gajah Kesehatan Irlandia, Simon Harris, meminta warga tetap menjaga pembatasan muncul untuk ‘periode minggu’ ini menetapkan mencegah penularan virus Corona. Sebelumnya akhir bulan lalu, warga Irlandia diperintahkan untuk tinggal di sendi sampai setidaknya hari Minggu.

Irlandia telah melarang semua perjalanan yang tidak istimewa di seluruh negara. Selain itu, pemerintah Iralndia juga menutup klub, tempat gym, dan salon. Gardu kelontongan seperti toko DIY diizinkan tetap terbuka dan orang-orang bisa melakukan perjalanan melampaui batas radius 2 km saat ini dari rumah mereka. Mereka juga diperbolehkan mengunjungi keluarga, asalkan tetap menerapkan jarak sosial (social distancing).

“Kami menyadari fakta kalau pembatasan sangat sulit bagi orang dan tidak berkelanjutan dalam jangka panjang, ” kata ketua gabungan penasihat ahli virus Corona Cillian De Gascun kepada penyiar nasional RTE.

“Apa dengan kita harapkan untuk dilakukan adalah melonggarkan pembatasan, dalam beberapa minggu ke depan. Saya pikir apa yang ingin kita coba serta lakukan adalah menawarkan orang kecil lebih banyak gerakan di sungguh rumah, mungkin ada peluang untuk membuka lebih banyak layanan ritel yang ditutup secara formal kurang minggu yang lalu, ” ungkapnya.