Jakarta

Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia telah memutuskan menarik Duta Gede Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan AO, untuk sementara waktu, balik ke negaranya. Sikap ini didasari pertimbangan medis terkait merebaknya virus Corona (COVID-19).

“Berdasarkan saran medis, Duta Besar Australia untuk Indonesia, Gary Quinlan AO, sedang dipindahkan sementara ke Australia, ” dikutip detikcom dari situs Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia, Kamis (9/4/2020).

Diterangkan, Quinlan akan bekerja sebagai duta besar untuk Indonesia dari Australia. Dia tetap memonitor kegiatan operasional Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

“Duta Besar Quinlan akan terus meneliti operasi kedutaan dari Australia. Ini murni tindakan pencegahan, terkait secara kerentanan COVID-19 yang diterima, ” tulis Kementerian Luar Negeri & Perdagangan Australia.

Tetapi dipastikan Kedubes Australia di Jakarta akan terus beroperasi. Termasuk dalam memberikan dukungan konsuler kepada warganya di Indonesia.

“Kedutaan dan konsulat Australia di Nusantara tetap terus melayani kepentingan Australia, termasuk dengan memberikan dukungan konsuler kepada warga Australia pada zaman yang penuh tantangan ini, ” terang Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Australia.

(aud/fjp)